Sabtu, 20 Agustus 2011

in terms of military experience, I'm better than 12 of suju

Kira-kira empat bulan yang lalu, gw si kalem dan dorky tapi suka selaw ini menjalani pendidikan bina mental.iya bina mental as in basic military training for civilians. ya memang gak semiliter itu tapi gw beneranmasuk pusat pendidikan perhubungan TNI AD di Cimahi sana.

kalau readers bertanya-tanya kenapa gw kesannya berusaha menjadi orang gagah berani dengan ikutan program ini,
jawaban gw cuma satu: karena program ini wajib dijalani sebagai bagian ikutan Management Trainee HR di perusahaan baru tempat gw bekerja sejak April 2011 lalu.

gw berusaha menulis apa yang gw rasakan di program tersebut bukan untuk menakut-nakuti atau bagaimana, tapi karena program tersebut sungguh-sangat-berkesan buat gw, gw pengen share apa aja yg gw alami disana.

Pada dasarnya kantor gw masukin kita ke program ini adalah utk membangkitan disiplin dan membentuk attitude. Dua hal penting yang patut dimiliki dan dijaga oleh setiap orang selama mereka hidup. Gw masuk pusdikhub sore hari selasa di tanggal 26 April 2011. Rasa degdegan udah muncul ketika pagi itu gw bangun. Ketika gw bersama teman2 otw dr Jkt ke Bdg, degdegan makin kuat. Memang kita sempat makan dan tes English dulu di Bandung, tapi sekitar jam 2 atau 3 semua urusan selesai dan kita menuju ke Pusdikhub Cimahi.

Rasa degdegan udah gak karuan bercampur excitement dan takut. Degdegan itu 35%, takut 62.5% yang 2.5% nya excitement yg makin lama makin kecil karena takut.Sesampainya di Pusdikhub, gw bengong. Seumur hidup baru kali itu gw beneran masuk kedalam komplek pelatihan tentara. Gw ngeliat barak, kantin, kantor dan lapangan.

Juga peralatan latian yg seabreg2 mulai dari alat utk pull up, balok segaban2 dan tas ransel beberapa tentara cewek yg lagi lari sore. Detik ini excitement nambah dikit, degdegan berkurang. Takutnya msh gede. Kita pun disuruh berbaris didepan kantor dansatdikpa. Diabsen satu-satu dan perkenalan pelatih. Peraturan-peraturan selama masa bina mental jg dibacain. Kita jg dibagikan peralatan2 kaya alat mandi, jg kelengkapan seragam. Guess what. Cita-cita gw pake baju tentara kesampaian, walaupun disain baju tentaranya gak loreng seenggaknya ijo2 angkatan darat deh.Setelah itu, semua peralatan senang-senang as in:

Dompet (beserta duit,debit or credit cards)
Handphone
Ipod
Laptop
Perhiasan

Dititipkan selama masa bina mental. Para calon siswa (sebutan utk kami) dipersilahkan menelpon keluarga sebelum handphone dititipkan.
Gw menelpon emak gw, beliau cuma berdoa dan berharap gw sehat dan selamat. Jujur aja gw anaknya cengeng makanya pas nutup telepon dan ternyata gw ga nangis gw takjub :D
Setelah selesai, semua calon siswa harus membawa barang masing2 ke barak. Dan krn gw adalah org rebek, dua koper + satu ember + backpack dgn repot gw bawa ke barak. Tapi alhamdulillah teman2 jg membantu gw membawanya.

Setelah beres dgn pengangkutan koper, calon siswa disuruh ganti baju, gw agak lupa detailnya, tapi yg pasti diwaktu. Dalam 5 mnt itu pakean dinas lapangan hrs dipake. Kita jg diajarin cara menali sepatu dinas lapangan.
Seselesainya, kita disuruh maghrib dan makan malam. Disusul dgn PBB dasar. Ketakutan gw bahwa kita akan digalakin ga terbukti. Memang pembina menekankan disiplin, tp kita gak digalakkin, hanya dikerasin. Beda loh.

Abis pbb, aturan apel malam, apel pagi dan apel siang diberitahukan. Kagetnya gw bahwa setiap hari kegiatan selesai jam 10. Gw shock krn gw anaknya gemar tidur jam stg 10an kalau gak ada kerjaan lg. Acara hari pertama yg melelahkan selesai setelah ditutup dgn apel malam tpt jam 10. Semua kembali ke barak utk istirahat. Dan gw bs pules bobo dr jam stg 11 krn gw capek sekali.Esoknya jam stg 4, semua org udh pd bangun. Para Kowad udh sibuk siap-siap senam pagi sementara gw baru bangun utk siap-siap kegiatan.

Di pagi hari 27 April 2011, jam 6 kita semua sarapan. Sehabis sarapan, kita semua digiring ke lapangan upacara utk upacara pembukaan. Gelar calon siswa pun berganti menjadi siswa susbintal tepat ketika peresmian. Rasa takut masih nyisa tapi gak sebesar sebelumnya. Gw udah lebih tenang dan bener-bener ngerasa come what may aja, whatever will be, will be yg penting bismillah semoga gw selamat sampai selesai.

Tepat setelah upacara, pihak perusahaan datang utk memberi pengarahan, dan memberikan semangat semoga 14 anak ini dpt selamat melewati 12 hari bina mental. Kegiatan yg ini cuma sebentar, kira-kira 45 menitan, dan setelah berfoto-foto, kami menjalani pemeriksaan kesehatan. Di pos kesehatan cuma ditensi dan ditanya penyakit yg diidap selama 2 tahun terakhir. Gw cuma bilang gw pernah ada bronkhitis tapi itu penyakit jarang kumat, terakhir di 2009. Jadi gw pede-pede aja utk ngejalanin kegiatannya, tapi, sama panitia gw dipasangin pita putih, padahal yg lain yg ga punya masalah sakit2an, dipasang pita merah. Ya udalaya gw pede aja dan tetep yakin gw harus survive.


Program disisa hari itu adalah masgar, atau masa penyegaran. jadi kita semua jalan kaki dari pusdikhub ke suatu tempat yg ga begitu jauh, tapi ya itu, pengukuran fisik seberapa kuatkah kita. Seperti bisa diduga, gw udah keleyengan ketika pemanasan. Mungkin efek kecapean, tapi gw masih pede gw akan kuat dan gw emang harus kuat. gw gak letoy dong ga boleh :D

kita disuruh jalan dalam barisan, diselingi berlari dan tiarap, lalu lari lagi. Gw terus berusaha mengikuti kegiatan, gw berpendapat bahwa berjuanglah dulu, dan berdoa serta berharap gw ga akan tumbang kaya pas ujian lari di saat kuliah dulu. eh taunya, kira-kira 25 menit di kegiatan, gw mulai sesak napas. sesak lagi. tapi gw masih ngotot setelah dioksigen gw harus coba lari lagi. dan sampe 3 x gw tetep sesak napas, suer masa2 gelap kaya pas nyaris pingsan di ujian lari masa kuliah berulang lagi. dejavu deh. gw pun disuruh masuk ambulance. long story short, gw ga ikut kegiatan selama 1 hari setengah setelah itu. bronkhitis membuat gw sulit berlari cepat -_- *makanya readers harus sehat!*

ketika gw kembali berkegiatan, ujian teori datang silih berganti. ditambah pelajaran teori cinta tanah air, wawasan nusantara, bela negara, disiplin, loyalits dan belum lagi praktek pbb lapangan dan pelajaran bela diri militer. ditambah gw terserang flu agak berat dan bronkhitis kumat, gw jadi ga kuat dingin, sesek mulu, juga kaki lecet parah, jauh pula dari ortu, trust me masa-masa ini adalah masa-masa lowest of the low gw. to be noted, bronkhitis gw kumat lagi gara2 dinginnya Cimahi. Tiap malem gw kebangun kedinginan padahal udah pake beberapa lapis jaket dan selimut. Gw sempat disuruh tidur di ruangan kesehatan, tapi gw nolak krn pasti bakal merepotkan teman-teman gw. Ada hal lucu pas ujian bela diri militer. Karena merasa sehat *walaupun sebenernya sesak napas siang bolong*, gw berusaha sangat bersemangat pas ujian. walaupun gerakan bela diri nya brontokan, tapi spirit nomer 1. alhasil krn kesotoyan dan kedodolan dan kemaksaan ini, abis ujian gw sempoyongan, sesak dan nyaris tumbang. gw ditensi lagi, diobat lagi. nasib.

Di 12 hari masa susbintal ini, laughter kept me sane. juga kue-kue snack dan teman2 seperjuangan. ga ada mereka, gataulah gimana keadaan mental gw. gw jg selalu mengingat doa gw ke Allah SWT, minta agar diterima di perusahaan ini. gw ga boleh nyerah. jadi somehow, I survived masa lowest of the low gw ini, gw tetep disiplin dan bisa bergulat dgn penyakit gw. eh ada satu hal lg yg menarik selain brotherhood, yaitu kegiatan berenang di Hari Jumat 6 May 2011. Gw salah satu yg berjaya di air, walaupun letoy didarat. senang deh pokoknya bagian ini :D

Tanggal 8 May 2011 pun tiba. Ini adalah hari yg gw tunggu-tunggu seumur hidup gw *lebay* ini adalah hari dimana SUSBINTAL BERES, HAPE BALIK IPOD BALIK DUIT BALIK BISA KELUAR BARAK LIHAT DUNIA SETELAH 12 HARI :D

muka gw sumringah bgt pas nerima hape dan ipod dan duit. rasa kangen gw sama snsd suju shinee terobati dgn kembalinya ipod :D tapi tentu rasa rindu kepada emak bapak adalah #1. mereka lah yg pertama gw hubungin sebelum gw nyalain ipod. hari itu jg adalah hari pesiar pertama. rasa bahagia melihat dunia diluar pagar pusdikhub membuncah. walaupun pada kenyataannya sesungguhnya kami harus tetap berada di pusdikhub utk kegiatan English Immersion selama sebulan, rasa bahagia lepas dr masa bintal adalah sesuatu luar biasa.

akan tetapi, jauh dibalik masa lowest of the low gw itu sesungguhnya tersimpan makna luas. kedisiplinan dan rasa cinta tanah air serta kekaguman akan kehebatan TNI AD. kalau orang bilang manpower TNI Indonesia adalah salah satu yg terbaik di dunia, gw percaya banget. trust me jadi tentara itu berat, gw cuma ngejalanin 0.1% ketentaraan selama jadi susbintal, tapi itu aja ampun. gw tau berat banget utk TNI AD ngejaga negara kita, dan for that, we should respect them, thank them and always support them. karena kesetiaan TNI AD adalah utk Indonesia!

as for military training itself, I could say: I'M FAR MORE EXPERIENCED THAN 12 MEMBERS OF SUJU yang belom wajib militer :p





1 komentar: