Jumat, 26 Desember 2008

Balikpapan City (1)

well readers, on the yesterday's post I told you about my experience of pulang ke balikpapan. hari ini gw mau share ttg kota balikpaapan itu sendiri!

well, ini beberapa info ttg balikpapan (taken from www.balikpapan.go.id)

Wilayah Administrasi

Secara geografis wilayah Kota Balikpapan berada antara 1,0 LS - 1,5 LS dan 116,5 BT - 117,5 yang luasnya sekitar 50.330,57 Ha atau sekitar 503,3 Km ² dengan batas-batas sebagai berikut :

    • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kutai.
    • Sebelah selatan berbatasan dengan Selat Makassar.
    • Sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar.
    • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pasir.

Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 38 Tahun 1996, maka sejak 24 Pebruari 1997 Kota Balikpapan resmi dimekarkan dari 3 (tiga) Kecamatan menjadi 5 (lima) Kecamatan yaitu :

1.Kecamatan Balikpapan Timur

2.Kecamatan Balikpapan Selatan

3.Kecamatan Balikpapan Tengah

4.Kecamatan Balikpapan Utara

5.Kecamatan Balikpapan Barat


hmmm itu sikit basa basi gw.. lebihnya gw pengen cerita aja pengalaman2 gw di kota ini..

yg pertama, sodara2 kita di kota ini udah berkembang banget deh! banyak aturan2 yg gak ditemuin di kota2 lain.. salah satu yg keren, adalah kewajiban menaruh tmpt sampah di mobil2, guna mencegah pembuangan sampah sembarangan yg efek nya ngotorin kota. mobil yg gapake tmpt sampah, bakalan kena denda lumayan gede..

yg kedua, pemkot dgn baik hati ngebuka jalur khusus sepeda di daerah crowded yaitu jalan sudirman dkt lapangan merdeka. kenapa dibuka?? ini memfasilitasi masyarakat setempat utk olahraga sepeda/joging weekend. di jkt mana ada tulisan KHUSUS JALUR SEPEDA kayak balikpapan ini.. cckck salut gw!!

jalur sepeda di Jalan Jendral Sudirman dkt Lap Merdeka

udah sebulan ini jg di Balikpapan udah dibuka mall baru.. langsung dua !! Balikpapan Trade Centre. disana ada hypermart dan A&W pertama di balikpapan.. gw ama keluarga pas tgl 25 Desember kemaren test drive gitu.. kita belanja2 ga penting gitu disana heheee..

ini gw ngedorong kereta di Hypermart hahahah..

well masih banyak pesona lain sih di kota kecil yg maju ini,, tapi besok gw sambung lagi ok!!

thankssss



1 komentar: